May 17, 2012

Mengagumi Ibnu Batutah, Sang Petualang Muslim

Berbicara tentang dunia petualangan sosok yang seharusnya menginspirasi adalah Ibnu Batutah. Tokoh muslim asal Maroko yang lahir tahun 1304 M dan suka melakukan pengembaraan ke berbagai penjuru dunia. Dianggap sebagai pelopor penjelajah abad 14 yang belum tertandingi. Sekalipun ada Marcopolo dan Colombus yang juga melakukan penjelajahan dunia, namun masih tidak sebanding dengan Ibnu Batutah terutama dalam kuantitas perjalanan. Karenanya dijuluki dengan sebutan pengembara muslim. 

Ibnu Batutah memilik hobi mengunjungi negara di dunia untuk saling mengenal manusia dengan berbagai latar belakang dan budaya. Penjelajahan beliau untuk pertama kali diawali dengan menunaikan ibadah haji. Saat itu, ia masih sangat muda dan berusia 21 tahun. Berawal dari negaranya melewati ratusan kilometer menyusuri gurun yang gersang dan ganas. Pada masa itu juga  tantangan dan rintangan yang harus dihadapinya yaitu perompak-perompak yang bisa mengancam keselamatan jiwanya.

Aku termasuk seorang yang mengagumi Ibnu Batutah bisa jadi karena sehoby denganku. Mengembara dan berpetualang bertahun-tahun pada masanya adalah hal yang luar biasa. Setidaknya semangat dan jiwa pengembaraanya akan menjadi motivasi buat kita semua. Hasil dari sebuah petualangan dan penjelajahan adalah pengetahuan yang tidak akan pernah kita jumpai dibangku pendidikan formal.

Untuk kita yang masih muda ini seharusnya bisa dan punya waktu untuk berpetualang. Masa muda adalah masa untuk kita berjalan, berpetualang sejauh-jauhnya keberbagai tempat serta berkarya. Mengenal lebih banyak wajah-wajah yang baru dan belajar dari peradaban mereka. Bukannya menghabiskan dan membuang-buang waktu untuk perkara wanita. Berpetualang akan mengajarkan kita bahwa diujung dan belahan bumi lainnya ada hal baru dan kondisinya belum kita jumpai sebelumnya.

Namun yang harus diingat berpetualang bukan hanya perkara naik gunung saja, masih banyak yang lainnya. Itu saja...


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

TERPOPULER BULAN INI