April 19, 2015

Diri Ini MILANISTI, Adik Saya INTERISTI


Foto/ACMI.1899
SEPAKBOLA adalah olahraga terpopuler dan paling merakyat. Siapa saja bisa memainkannya berbeda dengan jenis olahraga lainnya misalkan golf, basket, dll yang butuh lapangan khusus serta seolah-olah hanya bisa dilakukan oleh segelintir orang saja. Maka dari itu sepakbola memiliki penggemar terbanyak dan menempati posisi teratas di hati masyarakat sejagat. Sepakbola adalah agama baru, setiap jiwa menggilainya.


Dalam dunia sepakbola semua orang punya tim favorit. Tentunya sahabat blogger serta anda sekalian pasti memiliki tim unggulannya masing-masing. Entah di Liga Linggris, Seri A, La Liga, liga Jerman, ataupun tim-tim di negeri kita ini. Begitupun dengan diri ini serta seorang adik saya yang hobby tentang bola itu sendiri. Menariknya adalah saya  seorang milan sedang adik saya tadi menjadi fans inter milan. Serupa sejarah kedua klub itu sendiri yang mana terlahir sebagai saudara. Sungguh hal yang langka, istimewa dan menarik pastinya.

Saya adalah pecinta klub serie A Itali yaitu AC Milan. Kecintaanku atau asal muasal menggemari klub ini saya tak ingat waktu pastinya, tapi yang jelas itu sudah berlansung lama sekali yaitu sejak kejayaan liga italia dahulu. Klub yang bermarkas di San Siro, Milan ini bediri pada 16 Desember 1899. Sudah lumayan lama jauh sebelum Indonesia merdeka tentunya. AC Milan telah mengoleksi 18 kali juara Serie A dan 7 kali juara Liga Champions. Merupakan klub tersukses di Italy bersama Juventus dan Intermilan.

Berbicara tentang Intermilan, Puncak prestasi Nerazzurri terjadi pada musim 2009/10 ketika meraih treble (gelar juara Serie A, Coppa Italia dan Liga Champions) di bawah asuhan Jose  Mourinho yang kemudian hengkang ke Real Madrid. Inter sudah 18 kali juara Serie A dan 3 kali juara eropa liga champions.

Ilustrasi/Google

Sebagai seorang Milanisti seharusnya memiliki identitas atau aksesoris-aksesoris yang mencerminkan sebagai penggila dari AC Milan. Mulai dari baju kaos bola yang selalu dipakai setiap main bola dan mengetahui Hymne Milan (Inno Ufficiale) serta aksesoris lainnya yang menjadi koleksi pribadi saya. Menjadi pengagum klub merah hitam, sebutan lain milan menuntut saya agar paham dan mengerti tentang sejarah dan kisah-kisah kejayaan milan. Kecintaan terhadap milan adalah kecintaan yang telah mengaliri nadi ini sejak lama dan hal itu tak perlu diragukan lagi. Saya senantiasa mendukung klub kesayangan tersebut agar lebih sukses tentunya, entah itu pada titik kritis sekalipun.

Berbeda dengan adik saya, ia adalah seorang Interisti sebutan bagi fans Internazionale Milano. Dia adalah penggemar fanatic Inter. Kami berdua tidak pernah melewatkan berita serta pertandingan kedua klub kesayangan masing-masing. Jika kedua Tim sekota itu bentrok yang selalu diwarnai dengan benturan keras kami pasti akan memberikan support untuk tim masing-masing. Begitupula jika bermain PS (play station) pasti akan bersaing matian-matian menjadi yang terbaik. Saya tahu bahwa milan dan inter memiliki pendukung garis keras masing-masing, semisal ultras. Namun saya bersama saudara saya tetap mendukung dengan cara-cara yang wajar dan akademis. Bukankah yang terpenting adalah kecintaan.

Kedua klub yang lahir dari rahim yang sama tersebut, pada senin dini hari tanggal 20 april 2015 akan kembali bentrok dalam tajuk "Derbi Della Madonnina". Pada derbi tersebut berakhir dengan skor kaca mata 0-0. Kedua klub sekota ini sedang berjuang di papan tengah klasemen musim 2014/2015 ini untuk naik ke tangga teratas agar bisa tampil di zona eropa. Sebagai seorang pengagum bola, saya mengakui hal yang realistis bahwa milan atau inter sedang mengalami masa krisis untuk mengembalikan kembali kejayaannya.

Intermilan dan Milan adalah klub yang memiliki nilai historis panjang dan tak boleh dilupakan dalam sejarah sepak bola dunia. Amat banyak pemain kelas dunia lahir disini, sebut saja seorang Maldini atau Zanetti. Mereka legenda hidup yang tak akan mungkin terlupa. Kawan dan lawan selalu segan kepada pengabdian, loyalitas dan kepemimpinan mereka di lapangan hijau. Inter dan Milan adalah warna-warni yang selalu menghiasi sepakbola Italy.

Kisah lain yang tak boleh dilupa dari klub bersaudara ini adalah tentang derbi milan. Derby della Madonnina (Derby Milan) merupakan sebuah pertandingan sepak bola antara dua klub sepak bola terkemuka di Milan Italia yaitu, A.C. Milan dan Inter Milan. Bersama derby Roma, derby Genoa dan derby Turin, derby ini dipandang sebagai salah satu pertandingan derby terbesar, tidak hamya di Liga Italia, namun juga di dunia. Derby ini dinamakan "Derby della Madonnina" sebagai penghargaan terhadap salah satu objek pemandangan utama di kota Milan, patung Maria di puncak Katedral Milano, yang sering disebut sebagai "Madonnina". Sumber Wikipedia.
 
Nah, Sahabat blogger apakah anda seorang Milanisti, Interisti, atau.. seperti yang saya alami, dimana diri ini adalah seorang Milan sedang adik saya sendiri adalah Interisti. Namun sebagai pendukung sebuah tim, semoga kita selalu dalam koridor dan batasan yang wajar dan tetap akademis serta saling menghargai antar sesama pendukung sebab sepakbola adalah medium pemersatu bukan untuk bercerai berai.   Forza Milan. Forza Italy.  
Tulisan di atas dimoderasi ulang serta mengalami beberapa editing dari tulisan saya di kompasiana.com. Selengkapnya disini. 

 - catatan usai derby della madonnina


BACA JUGA :




30 comments:

  1. wahahah keren tuh mas, serumah juga bisa derby \m/
    saya sama adek saya juga kayak gitu, bedanya, kita suka 1 club indonesia yang sama, tapi gabung organisasi suporter yang beda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda pilihan itu lumrah mas erdi... jdi tak apa

      Delete
  2. wah bentrok nih kakak beradik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee.. tdk sampai sebegitunya mas. kalau main pes pasti selalu bentrok.

      Delete
  3. ahaha, pasti seru tuh gan
    untungnya derby semalam sama imbang :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, seru namun berakhir dengn skor kaca mata.

      Delete
  4. grande partita selalu berdrama.
    mau inter atau milan, yang penting menjunjung fairplay..
    salam, dari suporter bpl :)

    ReplyDelete
  5. Aku Milanisti nih kakak! :D
    Tapi gak masalah walaupun orang terdekat kita ada yang menyukai Inter. Saling "respect" aja kalo kata orang-orang. :)

    #ForzaMilan

    xx,
    http://www.indahjelita.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudh berkunjung k blognya. wah ternyata mbak indah jelita seorang milanisti juga serta hoby naik gunung. mirip saya.. ayo jalan2 ke sulawesi selatan. bayk tempat /gunung bagus pemandanganx utk di daki. ditunggu mbak. salam kenal

      Delete
  6. pecinta bola toh, saya juga suka klub bola yaitu 'persib' tapi saya gak suka nonton bola XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, sy penggemar klub ac milan.. rupanya mbak iilajah suka klub persib. memang beberapa tahun terakhir penampilan persib sedang bagus-2nya, musim kemarin dia menjuarai isl. namun sekarang liga indoensia sedang bermasalah lagi...

      Delete
  7. Milan dan Inter itu rivalitas sejati...
    tapi bukan musuh :)

    eh, saya Juventini loh mas
    he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pencinta liga itali jg rupanya mas choirul huda..
      semoga juve sukses di liga champions

      Delete
  8. hati-hati mas jangan smpe tauran gara" nnton bola sama adiknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee.. semoga tidak mas. #salam kenal

      Delete
  9. Beda pilihan bukanlah suatu masalah bagi seorang fans sejati. Bagi fans sejati, perbedaan merupakan anugerah yang akan selalu di syukuri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat... mendukung tim favorit sah2 sj, asal menghormati fans lain.

      Delete
  10. Replies
    1. indonesia banget mbak.... tapi syang lagi gonjang-ganjing sepakbola dalam negeri. semoga cepat berakhir

      Delete
  11. Hahaha ga apa-apa beda. Sama kayak aku sama adik aku sih ini. \:D/

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar skali mbak... wajar2 sj. salam kenal mbak deva

      Delete
  12. Waduuuh......
    gue nggak ngerti bola.. tapi ngerti mana pemain yang ganteng, yang giginya tnggos, yang mukanya cupu tapi tendangannya hebat hahahah :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. lantas siapa pemain andalannya mbak ain? #salam kenal mbak. makasih sdh berkunjung

      Delete
  13. asik milanisti nih , kalo indonesia favoritnya apaan gan ?
    kalo saya pecinta juve gan hehe ,
    oh iya saya izin follow blognya ya :) jika berkenan follback yoo . makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih. nanti di followback.. salam

      Delete
  14. milanisti & Interisti. klu di PS tetap dikalahkan Mancester United

    ReplyDelete
  15. AYOO SERBUU GAN MUMPUNG GRATIS DAN MURAH
    ADU BANTENG, Sabung Ayam, Sportbook, Poker, CEME, CAPSA, DOMINO, Casino
    Modal 20 rb, hasilkan jutaan rupiah
    Bonus 10% All Games Bolavada || Bonus Cashback 10% All Games Bolavada, Kecuali Poker ||
    FREEBET AND FREECHIP 2017 FOR ALL NEW MEMBER !!! Registrasi Sekarang dan Rasakan Sensasi nya!!! ONLY ON : BOLAVADA(dot)com
    BBM : D89CC515

    bandar judi
    agen terpercaya
    sabung ayam bangkok

    ReplyDelete

TERPOPULER BULAN INI