February 12, 2014

Foto Jadul : Nostalgia Zaman Sma

Saya bersama sahabat lama (Foto jadul)

Foto di atas, saya menemukannya secara tak sengaja  pada tumpukan file-file lama dalam komputer pc, nyaris telah berdebu. Gambar tersebut merupakan kenangan pada masa dunia putih abu-abu yang masih dipenuhi wajah keluguan dan kepolosan. Mereka yang bersama saya dalam foto tersebut adalah sahabat terbaik yang pernah diciptakan oleh perjalanan waktu yakni kala zaman sma dahulu. Merekalah yang mewarnai hari-hari dalam bingkai kebersamaan dengan segala canda tawa pun suka duka yang tercipta hingga tiga tahun berlalu penuh makna. Setidaknya saat itu persahabatan mengajarkan saya tentang kekuatan yang harus saling melengkapi. Juga memberikan pelajaran luhur kepada saya tentang segala kehebatan-kehebatannya. 

Ini adalah foto langka. Karena di kampung pada kala itu belumlah ada kamera digital atau handphone yang dibekali kamera berkampuan mumpuni layaknya ada seperti hari ini. Foto tersebut merupakan hasil dari jepretan kamera poket yang masih terbatas dalam menghasilkan jumlah foto. Maka dari itu saya hanya memiliki satu gambar saja sedang yang lainnya telah menjadi koleksi masing-masing sahabat saya tersebut. 

Di belakang sekolah dikampung saya terdapat pantai dengan pasir putihnya juga terdapat batu-batuan karang tajam disekitarnya. Ya, benar adanya tempat dimana saya bersekolah tersebut cukup berdekatan dengan pantai. Disanalah kami berfoto pada saat jam/bel istirahat berlangsung. Sekali lagi foto ini adalah langka, betapa tidak arsip aslinya telah dimakan rayap. Tapi untunglah saya masih menyempatkan men-scannya terlebih dahulu lalu menyimpannya dalam sebuah file. Selain langka, foto tersebut juga bernilai berharga bagi saya sebab sebagai media perekam jejak persahabatan yang akan selalu dikenang ketika melihatnya kembali.

Gambar ini adalah satu bukti ikatan persahabatan diantara kami yang masih kuat tertanam di dada. Segala kisah dan kenangan masih tersimpan rapi dalam memori kepala dan tak akan pernah terkikis oleh perubahan zaman. Bahwa persahabatan sejati tidak akan pernah mati kerena  kisah-kisah tentangnya  akan selalu hidup dan sejarah akan selalu membicarakannya setidaknya anak cucu kelak.

Hormat saya kepada mereka yang ada di gambar ini. Sehat-sehatlah dimanapun berada, sukses dan bahagialah senantiasa menaungi. Semesta berpihak kepada kita dimanapun karvak dipijak, semoga!

- Makassar, 13/02/2014


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

TERPOPULER BULAN INI