March 01, 2015

Memupuk Silaturahim Lewat Futsal


Ilustrasi/Google


SILATURAHIM. Ada banyak jalan untuk menjaganya agar tetap tumbuh bersemai di jiwa tiap orang salah satunya adalah lewat olahraga. Sebab ia mampu menjadi media atau ajang diri untuk beraktualisasi, bersosialisasi dan sarana berkumpul. Kini olahraga semisal sepakbola menjelma bak agama baru. Setiap orang menggilai salah satu klub bola, terkadang hingga terlampau fanatis. Sepakbola juga mampu menjangkau segala lapisan kehidupan bermasyarakat tanpa pandang bulu. Maka wajar jika sepakbola merupakan satu olahraga yang paling digemari sejagat termasuk saya pribadi dan teman-teman terdekat yang sehobby.

Namun, selain sepakbola ada juga olahraga futsal yang kini menjadi trand dikalangan masyarakat utamanya di daerah perkotaaan yang sangat terbatas akan lahan terbuka dan luas. Serupa sepakbola cuman futsal hanya dimainkan oleh lima orang dalam satu tim tentunya dengan ukuran yang tak sebesar lapangan bola. Maka dari itu futsal juga biasanya dimainkan dalam ruangan tertutup (indoor). Di Makassar sendiri sejak 2006 lalu olahraga tersebut berkembang amat pesat dengan banyak dibangunnya tempat futsal untuk memenuhi minat dan kegemaran warga perkotaan.

Nah, saya pribadi akan rutin menjalani futsal bersama teman-teman pada komunitas yang saya geluti yakni di Sar Unhas atau juga dengan teman dari komunitas lainnya. Biasanya pada hari minggu atau akhir pekan seperti itu menjadi pilihan dimana setiap orang memiliki waktu luang untuk berolahraga futsal. Saat-saat seperti itu menjadi ajang saling berkumpul bersama anggota lainnya. Spesialnya lagi adalah sebagai sarana bertemu dengan para senior-senior yang hobby bermain futsal. Terkadang diantara mereka ada yang membawa serta anaknya ke lapangan futsal. Pada waktu demikian selalu nampak suasana kekeluargaan serta kebersamaan dalam sebuah bingkai bernama harmoni. Hal ini telah berlangsung dari tahun ke tahun.

Lewat olahraga (futsal) yang selalu rutin ini seolah menjadi wadah memupuk silaturahim dan kekompakan. Tentu hal ini melampaui kemenangan atau goal-goal yang di cetak ketika bermain, barangkali itu hanyalah bonus. Akan tetapi ada nilai-nilai filosofis lain yang diperoleh dari sekedar berolahraga atau seni semata. Dan yang paling penting dan mendasar dari semua itu adalah tetap menyemai dan memupuk silaturahim diantara sesama. Maka mari berolahraga futsal sebab bukan hanya sehat bagi jasmaniah saja namun mampu menjalin dan menjaga simpul erat persahabatan serta kebersamaan agar tak pernah longgar terlampau tak terjadi friksi(*)

- Sehabis bermain futsal bersama teman-teman di Sar Unhas yakni rutin tiap hari minggu

16 comments:

  1. Saya memupuk silaturahmi dengan blogwalking... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih mas jgn bosan berkunjung. sy jg akan bertandang silaturahim ke blog mas jogjaready. salam

      Delete
    2. Siiiip mas... Jaman dulu main bola bebas di lapangan terbuka. Skg? Musti futsal dulu baru bisa maen bola

      Delete
    3. yah benar skali mas..

      Delete
  2. olahraga itu penting namun tidak boleh melupakan ibadah ya daeng

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat. perihal ibadah tak sekedar kewajiban melampaui itu juga sebagai kebutuhan. ttg olahraga juga serupa ibadah sebab sebagai kebutuhan. salam

      Delete
  3. Dalam kondisi apa pun silaturahim harus tetap terjaga. Salah satunya seperti yang di tuliskan di artikel ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar ini hanya manfaat lain dari berolahraga futsal..

      Delete
  4. iya bener mas, karena futsal bisa silaturahim sekaligus olahraga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siip... makasih mas erdi sdh berkunjung. salam

      Delete
  5. Olahraga favorit aku tu mas...
    Kapan2 main futsal bareng ya hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh mas. dinantikan undangannya.. hehe

      Delete
  6. He,,,he,,,,he,,, jadi pengin buat kelompok fulsal khusus ibu-ibu nih...tapi para suami apa boleh ya ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mbak, para ibu2 blogger bisa kopdaran ditempat futsal sambil menyaksikan para suaminya beraksi mengolah sikulit bundar.. hehe

      Delete
  7. caraku adl dengan blogwalking.
    salam kenal om :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu jg penting antar para blogger.. salam mas ope

      Delete

TERPOPULER BULAN INI