March 15, 2015

Lagoon ''Love" Pantai Runduma, Wakatobi

Lagoon Pulau Runduma,Wakatobi /Foto Amal Hermawan
LAGUNA (atau lagoon dalam bahasa Inggris) adalah sekumpulan air asin yang terpisah dari laut oleh penghalang yang berupa pasir, batu karang atau semacamnya. Jadi, air yang tertutup di belakang gugusan karang (barrier reef) atau pulau-pulau atau di dalam atol disebut laguna. Sumber Wikipedia.

Keberadaan lagoon atau laguna di pantai-pantai Wakatobi adalah lumayan banyak jumlahnya atau bahkan hampir semua gugusan tiap pulaunya memiliki laguna. Misalkan saja pada satu dari gugusan kepulauan wakatobi yaitu Pulau Tomia, akan banyak dijumpai lagoon yang mengelilingi wilayah pesisir pantainya. Nah, maka dari itu Lagoon tersebut biasa dimanfaatkan menjadi lokasi di bangunnya dermaga-pelabuhan sebab memiliki kolam yang dalam serta segala aktifitas kapal-kapal akan aman dan tak banyak mengalami gangguan beban hidup dari gelombang laut atau angin.



Lagoon dalam masyarakat wakatobi mengenalnya dengan istilah Ou, barangkali juga di tiap daerah lainnya memiliki nama tersendiri. Jika diperhatikan secara seksama laguna serupa danau yang berada di tengah-tengah laut dengan diamater yang amat besar serta dikelilingi oleh karang atau pasir. Lagoon-lagoon ini menjadi rumah bagi berbagai macam ikan dan biota laut. Maka tak mengherankan jika masyarakat di daerah itu menjadikannya sebagai tempat memancing dan hal lainnya untuk menangkap hasil laut. Saat di kampung Pulau Tomia, saya biasa memanah atau menembak ikan dengan menjelajahi Ou tersebut.

Namun dari sekian banyak lagoon di wilayah perairan kepulauan Wakatobi (Wanci, Kaledupa, Tomia, Binongko), barangkali satu lagoon yang paling terlihat unik karena membentuk ''love" dimana terdapat pada Pulau Runduma, Tomia. Pulau Runduma merupakan satu pulau di wilayah wakatobi yang berada tepat di tengah samudera Laut Banda. Karena memiliki pantai yang putih nan jernih, Pulau Runduma juga menjadi tempat favorit bertelurnya puluhan penyu atau kini menjadi lokasi konservasi penyu.

Jika ingin melihat atau menemukan gambar laguna berbentuk love tersebut bisa di searching melalui aplikasi google earth. Maka dari foto satelit akan nampak lagoon Pantai Runduma yang khas menyerupai model love. Pemandangan lain yang akan terlihat adalah hamparan pasir nan putih yang memanjang pada pesisir pantainya. 

***
Lagoon yang unik serta segala fenomena alam yang menarik adalah satu berkat dari tanda dan gerak semesta. Keindahan alam selalu membius dan menaruh decak kagum kepada siapa saja yang memandangnya. Namun, adakah bentuk kesyukuran mereka yang merasakannya, menjaga kelestariannya misalnya. Apakah ada yang memaknai tanda kebesaran semesta tersebut. Entahlah? 

- Senin, 16 Maret 2015

10 comments:

  1. lumayan gedhe juga ya gan laguna nya. Kebetulan di daerah ane jogja juga ada laguna, tapi ane belum pernah kesana gan hhhhh :D ane sering dengar daerah wkatobi, katanya disana obyek wisata nya bagus bagus ya gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. barangkali tiap pulau ada lagunanya...
      kata org luar bilang gtu mas, bagus utk nyelam

      Delete
  2. Iya, di jogja ada juga laguna, tepatnya di pantai glagah Kukon Progo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, gitu ada juga. sepertinya setiap pulau/pantai ada lagunanya?

      Delete
  3. wah, laguna jadi inget spongebob. Itu klo pake drone motretnya pasti lebih keren. :D jadi pengen kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas hanif sdh berkunjung. salam blogger

      Delete
    2. makasih mas hanif sdh berkunjung. salam blogger

      Delete
  4. kalau bicara tentang menjaga kelestariannya mungkin masih di pertanyakan nih mas :D
    keren (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. keindahan alam harus di dijaga apapun itu,.. makasih mas m. erdi sdh berknjung

      Delete
    2. saya setuju mas, menyangkut masadepan anak" yang lain soalnya,
      sama-sama :D

      Delete

TERPOPULER BULAN INI