July 24, 2017

Tomia & Surga Diving di Wakatobi

“Menyelamlah untuk mengetahui berkat yang langit berikan kepada kita anak pulau tentang keindahan wakatobi yang sesungguhnya”


Spot Ali Reef / Dok. Pribad
Di kelas-kelas kursus di kampoeng inggris, kediri yang saya ikuti berapa bulan lalu dan pada setiap kali introduce saya selalu menyampaikan bahwa asal saya adalah dari wakatobi especially dari pulau tomia. Sebuah pulau yang amat begitu kecil jika diperhatikan secara seksama di peta. Memang jika menyebut nama tomia jarang ada yang tahu. Saya mesti menyebut dan menjelaskan nama wakatobi barulah ada yang mengenalnya. “Amazing, beautiful, someday i will visit to your hometown in wakatobi” begitu kata mereka. “alright, I wanna hold on you”, jawab saya.

Jauh sebelum itu, saya lumayan lama di tanah makassar jika tak salah mengingat sewindu lebih diri ini menantang diri dan berkarib dengan kehidupan ala tanah daeng tersebut. Nah, selama itu jika saya memperhatikan disana nama wakatobi memang sudah tersohor. Barangkali itulah effect dari promosi, ya di pungkiri atau tidak. Beberapa teman di makassar selalu memiliki hasrat untuk berkunjung ke Wakatobi, mereka ingin diving dan snorkling. Terkhusus untuk mereka saya selalu menyiapkan kejutan untuk menikmati wakatobi dengan cara yang berbeda. Setidaknya rumah saya selalu terbuka lebar bagi mereka. Lets pay a call, guys!!

***
Izinkan saya bercerita secara singkat tentang Pulau Tomia atau satu dari gugusan kepulauan wakatobi tersebut. Ini adalah kampung saya, tempat dimana masa kecil saya rajut dengan banyak kisah dan harapan. Sebuah daerah yang amat mungil seperti apa yang saya kisahkan di awal tadi. Namun dibalik semua itu ia menyimpan mutiara yang banyak orang ingin melihatnya. Berkat itu bernama syurga penyelaman. Maaf, bukan bermaksud angkuh namun Tomia selalu menjadi tujuan dari para pecinta kedalaman, bukan!. Tomia memiliki banyak situs penyelaman terbaik di wakatobi.

Sebut saja situs alireef dengan scooling Giant Trevallynya. Ada juga situs Roma yang terkenal dengan karangnya yang menyerupai Colloseum seperti yang ada di Roma Italy. Spot mari mabu yang akan memanjakan mata dengan keindahan karangnya. Situs table coral, situs teluk maya, teluk waitii, Fan Garden, Fan 38, Magnifica, Dunia baru, serta masih banyak spot penyelaman lainnya yang dengan ciri khasnya masing-masing. Di halaman selanjutnya akan saya coba tulis.

Are you ready going to Roma and look at colloseum /Dok,Pribadi
Mari berkunjung ke Tomia dan nikmati sensasi menyelam yang tak terlupakan. Mari membuktikan secara langsung  keindahan karang dan hewan laut yang ada di Tomia, melihat scooling baracuda, melihat penyu dan sebagainya. Datanglah untuk menyaksikan secara kasat mata segala cerita tentang kemashuran under water wakatobi. 

Situs Roma/Dok. Pribadi

Jika tak memiliki licensi diving, anda tetap boleh menyaksikan bawah laut wakatobi dengan cara discovery dibawah panduan atau pengawasan guide. Anda juga bisa melakukan snorkling dari atas permukaan laut.  Atau tertarik pada wisata minat khusus yakni spearfishing, laut wakatobi menyimpan banyak ikan yang melimpah ruah tentunya. 

Namun jika hanya ingin menikamti wisata pantai yang ada di tomia tentu saja boleh sebab di tomia juga memiliki hamparan pasir putih yang akan memanjakan anda sebut saja ada pantai hondue, nah disini tempat yang baik untuk menikmati sunset, ada juga pantai huntete di pantai ini sangat baik untuk menanti sunrise ketika muncul perlahan dari laut banda serta masih banyak lagi garis pantai yang akan anda sambangi kealamiannya. Jadi tergantung jenis wisata mana yang anda butuhkan.

***
Tidak dapat dinafikan bahwa Indonesia amat indah. Dan wakatobi adalah satu kepingan surga yang maha pencipta berikan kepada indonesia. Maka mari berjalan, mari berpetualangan menikmati berkat-berkat yang langit berikan kepada kita. Visit Wakatobi and don’t forget to visit Tomia. Oh, yeah. You can call me to diving, snorkling or spearfishing. Thanks.

- Pulau Tomia, 25 juli 2015
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

TERPOPULER BULAN INI