May 17, 2016

Nikmat Menjadi Blogger


Menjadi blogger itu menyenangkan. Seseorang bisa menuangkan segala pengalaman dan pemikirannya ke dalam medium bernama blog. Semua orang yang terkoneksi internet bisa membacanya dan tak jarang tulisan-tulisan itu menjadi inspirasi bagi yang melihatnya. Sudah banyak contoh atas hal ini. Sudah banyak tulisan seorang blogger menjadi informasi terbaru kepada orang lain. Setidaknya catatan diblog selalu memuat hal apa adanya bukan ada apanya. Entah yang remeh temeh sampai yang berat-berat pula.

Walau tak seproduktif para blogger lainnya, setidaknya saya juga pernah merasakan nikmat-nikmat dari menulis itu sendiri. Saling menyapa dan mengenal dengan sesama penulis lain yang entah dimana saja mereka berada dan ruang-ruang maya mempertemukan itu. Hal lain misalnya bisa mengikuti kopi darat dengan para blogger dalam event-event tertentu dan kita bisa belajar banyak tentang dunia menulis dari mereka.

Menulis di blog itu menyenangkan sebab tak perlu mengikuti kaidah tertentu. Tak seperti menulis untuk media mainstream yang harus sesuai dengan aturan tertentu juga wajib melalui ruang seleksi ketat redaksi. Maka setiap orang bisa menjadi blogger dan belajar menulis dan mengabarkan hal tertentu sesuai dengan gaya khas masing-masing. Toh, setiap orang berbeda sudut pandang dalam menyampaikan sesuatu.

Nikmat lain menjadi blogger adalah tulisanmu akan abadi. Seperti satu tulisan saya yang pernah dimuat dalam sebuah buku bersama catatan para blogger lain. Sungguh itu hal yang paling membahagiakan seumur hidup saya yaitu ketika sebuah tulisan mendapat apresiasi dari orang lain. Kenikmatan selanjutnya adalah bisa bertemu seorang Nurdin Abdullah, Bupati Kabupaten Bantaeng yang mampu membawa perubahan besar bagi daerahnya. Tak perlu birokrasi yang berbelit cukup menjadi blogger bisa langsung bertemu dengannya. Entah bagaimana dengan pejabat lain apakah segampang demikian.

Dan ada saja jalan yang dilewati menjadi seorang blogger. Seperti halnya seorang teman saya yang mendapat kesempatan menambah wawasan menulisnya dari penulis hebat dan para blogger kawakan. Ia juga mendapat asupan-asupan materi seputar social media dan dunia maya dari pakarnya langsung. Nginapnya di hotel berbintang dan gratis pula. Pokoknya menjadi blogger itu mengasyikkan dan nikmat.

Maka tulis saja apa yang membuatmu mudah dan gampang. Kelak tulisan itu akan menemukan jodohnya sendiri. Jadi ayo nulis dan nulis! Sebab kata Pram “menulis adalah bekerja untuk keabadian”.
  ∼ Sedang menyemangati diri sendiri agar gemar menulis.




2 comments:

  1. terima kasih mas, kalimat ini lah yang sudah lama ku cari-cari..
    "Maka tulis saja apa yang membuatmu mudah dan gampang. Kelak tulisan itu akan menemukan jodohnya sendiri. Jadi ayo nulis dan nulis!"
    semoga semakin antusian kembali mas nulis lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas kunjungannya mas fajar..

      Delete

TERPOPULER BULAN INI