February 11, 2021

Casio AE-1000W, Tangguh Untuk Extrim Outdoor


TIDAK SEPERTI BIASANYA saya mengulas suatu produk. Baiklah kali ini saya akan menulis catatan  mengenai sebuah jam tangan yang menurut saya sangat tangguh. Saya mencoba berkisah mengenai pengalaman saya setelah enam tahun pemakaian jam tersebut. Tak ada maksud apa-apa selain ingin berbagi kepada siapa saja yang suka berpetualangan atau yang menyukai olahraga luar ruangan (baca : outdoor). Nah, barangkali diantara mereka ada yang sedang mencari info atau gambaran tentang jam tangan untuk penunjang petualangannya.

 

Sebagai sesama penyuka kegiatan yang terbilang extrim (spearfishing) menurut saya pribadi, jam tangan merupakan hal yang amat wajib. Saya juga adalah penyuka naik gunung dan jika tak salah selama sewindu lebih saya cukup aktif naik gunung serta menjelajah hutan belantara. Saat itu saya pernah mengenakan dua jam tangan dari  produk yang berbeda.

Brand tersebut cukup terkenal juga digemari para penyuka outdoor dan toko-tokonya banyak tersebar di kota-kota besar. Tidak perlu saya sebut sebab itu tak etis rasanya. Sayangnya kedua jam tangan itu tidak bertahan lama. Ada banyak masalah misal talinya cepat putus dan gampang berembun jika saya gunakan mendaki gunung. Daya batreinya pun cepat kalah atau habis. Entah saat ini apakah  sudah mengalami perbaikan kualitas.

Namun, sejak enam tahun lalu hingga saat ini saya menggunakan jam tangan Casio AE 1000W. tampilannya sangat klasik dan simple. Oh iya jam ini adalah jenis digital serta memiliki fitur layaknya jam tangan lainnya misal alarm, stopwatch, timer, waktu dunia, light, anti air hingga kedalaman 100 meter serta beberapa fitur lainnya yang bisa kalian cari tahu sendiri.

Saya sudah menggunakan Casio ae 1000 w selama enam tahun. Pada tiap aktifitas saya di laut tanpa lupa, pasti saya kenakan jam ini. Sudah ribuan logs speearfishing yang dicapai jam tangan tersebut. Itu artinya cukup intens saya gunakan berendam di laut. Fitur yang paling berguna bagi saya ketika melakukan spearfishing di laut adalah kode alarm untuk tiap jamnya. Sehingga saya bisa mengetahui atau mengukur durasi saya melakukan spearfishing juga mengetahui daya batrei senter selam yang saya gunakan.

Di beberapa kesempatan, saya menggunakannya ketika diving, maksudnya saya gandeng dengan computer selam (dive com) dan hingga kedalaman 30 meter jam ini tak perlu khawatir akan kemasukan air. Tekanan hingga kedalaman demikan masih tetap aman apalagi hanya digunakan untuk kegiatan snorkeling.

Mengenai ketahanan dari jam tangan casio ae 1000 w tidak perlu diragukan. Hingga hari ini masih awet dan saya tidak perlu khawatir akan mengalami korosi atau kemasukan air sebab jam ini dibekali dengan water resistant sampai 100 meter. Beberapa kali jatuh ke lantai dari ketinggian namun tidak ada masalah. Case materialnya atau body jam casio ae 1000 w sangat tangguh dari guncangan.

Dari seringnya digunakan berarti cukup sering saya melepas dan mengenaknnya dipergelengan tangan namun  strap jam casio tersebut tetap awet tanpa perlu khawatir akan putus atau retak. Semuanya masih dalam kondisi  baik belum ada yang saya ganti entah itu tali-strap maupun batreinya. Sekali lagi masih ok. Kondisi yang berbeda dengan jam outdoor yang saya gunakan sebelum-sebelumnya.

Jadi, barangkali teman-teman yang sedang mencari rekomendasi jam tangan untuk aktifitas extrim seperti kegiatan di air misal berenang, snorkling atau kegiatan menjelajah hutan. Barangkali jam casio ae 1000w bisa menjadi pilihan anda. Terlebih mengenai harga hanya empat ratusan ribu (itu harga waktu saya membelinya bertahun lalu). Setidaknya mengenai manfaat dan ketangguhan jam casio ini sudah saya buktikan dan itu cukup membantu tiap akfititas saya dilaut dalam hal ini kegiatan extrim bernama spearfishing.

Salam. Moga bermanfaat!

-          Pulau Tomia, 12 februari 2021

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

TERPOPULER BULAN INI