September 24, 2016

Susahnya ber-Internet di Tomia

ilustrasi/google
‘’bagi saya menyusuri rimba-rimba maya adalah serupa menyantap kopi atau naik gunung sebab ada kenikmatan dan sensasi lain yang tak cukup dilukiskan hanya dengan kata’’.

Jauh dari kesan kota dan modernitas, Pulau Tomia,wakaTObi adalah nyanyian tentang segala keheningan dan lengang nan menentramkan. Berada dikampung halaman selalu ada kedamaian yang menyelimuti jiwa, amat tenang. Saya bahagia tiap kali berada di pulau yang mungil ini. Mencumbui wanginya laut, tarian ombaknya yang saling berkejaran, kemilau pasir putihnya, serta keramahan orangnya adalah hal yang tak terlupa.Abadi. Setidaknya dikampung rasa kegotongroyongan masih begitu kental.

Tahukah bahwa ada banyak hal yang ingin saya kisahkan dihalaman blog pribadi. Sungguh! Namun apa daya koneksi internet yang menghubungkan dengan alam maya, dunia yang saling terhubung lalu saling menyapa dengan siapa saja itu tak cukup memungkinkan dilakukan. Saya selalu kesusahan membuka blog terlebih untuk menuangkan beberapa kalimat atau paragraf di dalamnya. Atas hal ini blog saya serupa istri tua atau anak tiri yang terabaikan.duh,.

Berada dikampung yang jauh dari dukungan koneksi internet cepat serasa dunia sesaat berhenti berputar dari peredarannya. Tak banyak hal yang diketahui dari dunia luar sana. Apapun yang di posting oleh beberapa blogger yang sering saya kunjungi pastinya terlewatkan saya ikuti. Memposting celoteh tak bermakna ini pun saya kesukaran mencari jaringan internet lalu menghadirkannya ke blog yang sudah lama tak terjamah oleh tuannya ini. Ya, saya dengan susah payah menempuh jarak berkilo untuk mendapat jaringan internet yang sedikit mendukung. 

Sudah berapa bulan terakhir ini saya berada di daerah yang orang-orang menyebutnya pulau surganya para penyelam tersebut. Sekali lagi, saya sudah jarang membuka blog dan menayangkan tulisan. Jika pun ada tulisan baru beberapa bulan terakhir ini, yeah itu saya posting berpuluh-puluh kali barulah bisa terpublis, barangkali karena jaringan edge atau e jadi sangat lambat.

Maka amat wajar jika ranking alexa blog milik saya sungguh anjlok. Walau di tahun lalu jarang membuat tulisan, semoga tidak terjadi lagi ditahun ini sebab semangat menuliskan jejak pikiran dan bara api untuk ngeblog harus tetap menyala-nyala apapun tantangannya.

~ Pada akhirnya saya ingin mengatakan bahwa semoga seluruh WaKaToBi segera di dukung oleh jaringan internet yang mumpuni. Dan tentu saja hal yang paling urgen dari itu saat sekarang adalah listrik karena semua orang tahu bahwa di pulau Tomia yang merupakan satu gugusan WaKaToBi tersebut sedang mengalami krisis listrik. 


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

TERPOPULER BULAN INI