July 08, 2020

Kembali Berkontemplasi. Kembali Aktif Menulis

… blog adalah kanal yang ideal untuk meng—ekspresi—kan diri dalam dunia kata-kata. bebas mencurhatkan apapun. semaunya dibanding media sosial lain.

Akhir-akhir ini saya mencoba aktif nge-blog lagi. Seperti yang terlihat saya sudah memposting berapa tulisan. Sebelum itu cukup lama saya vakum alias tidak mempublikasikan sesuatu sama sekali. Jika melihat arsip blog ini benar beberapa tahun terakhir saya sudah mulai berkurang membuat catatan entah  itu ocehan atau apapun namanya. Saya jarang menjamah blog ini. Inkonsistensi lagi-lagi menyerang saya, itu masalah yang kerap dialami oleh blogger pemula layaknya diri ini.

Sebenarnya ada seorang teman yang suka menyarankan saya untuk kembali aktif ngeblog. Dia meminta agar saya membuat catatan-catatan sesuai apa yang terjadi disekitar saya, misal soal pekerjaan saja, katanya. Farul, nama teman saya itu. Dia lumayan aktif menulis bahkan blognya sudah memiliki domain (www.fachrulhyd.com), tampilan blognya pun keren. Saya tidak menyangka dia seaktif itu sekarang dalam menulis. Salut untuk konsistensinya!

Sejatinya sudah lama saya punya niat untuk membelikan domain untuk blog saya ini. Maksudnya  agar terlihat keren saja seperti blog orang-orang. Namun belakangan saya berpikir dan melihat intensitas & produktifitas postingan maka saya memutuskan untuk sementara waktu membiarkannya tetap dan bangga menggunakan platform blogspot. Setidaknya untuk saat ini.

Saya hanya menakutkan umpama blog saya telah beralih ke domain misalnya dotcom lalu suatu saat kemudian saya tidak mengurusnya karena ada sebab musabab. Saya mengkhawatirkan tulisan-tulisan saya yang sudah ada jangan sampai hilang. Sangat disayangkan bukan. Barangkali itu tidak berarti apa-apa buat orang lain namun buat saya tentu sangatlah berarti. Ini adalah perpustakaan digital pribadi saya. Semua itu adalah kenangan dan jejak-jejak perenungan saya. Biarlah tetap abadi hingga kapanpun. bahkan hingga dunia telah kiamat.

Saat ini saya mencoba berdamai dengan diri sendiri. Mencoba mengajaknya agar konsisten menulis dan berceloteh lagi seperti sediakala, entah ada yang membacanya atau tidak sama sekali. Itu tidak penting. Saya ulangi sekali lagi itu tidak penting umpama tidak ada yang membacanya. Saya akan melakukannya dengan bersenang-senang. Melampaui itu semua saya ingin memposting tulisan lagi karena kecintaan saya pada blog ini. Sungguh ini tempat yang baik untuk berkeluh kesah soal apapun pun semau-maunya tanpa ada yang melarang. Sekali lagi saya amat mencintai blog ini, toh sudah menjadi teman curhat terbaik sejauh ini.

Sejatinya postingan ini hanya untuk menyemangati diri sendiri agar kembali menulis dan mengoceh lagi, lagi dan laaagii. Terlebih lagi di zaman social media hari ini orang-orang sudah sangat malas untuk menulis, mereka lebih banyak memposting foto dan hari ini memposting foto lalu besok memposting foto lagi, lalu berulang terus menerus.  Itu realita yang saya lihat pada anak-anak pulau tomia khususnya. Padahal jika mereka menyadari bahwa menulis dan ngeblog itu keren nun unik. Tak banyak orang yang bisa lakukan hal demikian. Makanya saya bangga karena sudah nge--blog! sekian.

Jadi, ayo menulis, ayo nge-blog. Ada yang berani?

- Pulau Tomia, 9 juli 2020

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

TERPOPULER BULAN INI